Digital Street

Mengapa Saat Usia Tua Bau Mulut Mulai Menjadi Lebih Bau?

bau mulut semakin buruk usia tua

bau mulut semakin buruk usia tua

Saat Tua Bau Nafas Akan Lebih Buruk – Melihat napas Anda mulai mencium sedikit lucu setelah ulang tahun terakhir Anda? Setiap orang mendapat bau mulut dari waktu ke waktu, tetapi baunya — secara teknis disebut halitosis — bisa sangat kuat pada orang-orang di atas usia tertentu.

Yang membuat kita bertanya-tanya: Apakah bau mulut merupakan efek samping yang tak terhindarkan dari hidup lebih lama?

Belum tentu, kata juru bicara American Dental Association, Judith A. Jones, DDS, MPH. Bau mulut, Dr Jones mengatakan, tidak secara langsung disebabkan oleh penuaan, tetapi “kebersihan mulut mungkin lebih menjadi masalah pada orang tua karena penyakit yang bersamaan, prevalen.” Dengan kata lain, seiring bertambahnya usia, kita lebih mungkin untuk menghadapi masalah kesehatan lainnya yang pada gilirannya dapat menyebabkan bau mulut.

Penyebab Bau Mulut Semakin Parah Saat Usia Semakin Tua

Sebagai permulaan, kita menjadi kurang gesit daripada dulu, ia menjelaskan. “Hal-hal seperti radang sendi, yang jauh lebih umum pada orang di atas 65, mempengaruhi kemampuan orang untuk menyikat gigi mereka.” Plak, puing-puing, dan bakteri dapat membangun, menyebabkan bau mulut dan masalah kesehatan mulut lainnya.

Penyakit yang memengaruhi otak, seperti Alzheimer atau Parkinson, dapat menyebabkan masalah koordinasi yang juga membuat menyikat gigi menjadi sulit. Dan sebagai orang dewasa yang lebih tua lebih mengandalkan pengasuh, kebersihan mulut dapat jatuh melalui celah-celah, kata Dr. Jones. “Ketika orang menjadi lebih tergantung, kemampuan mereka untuk melakukan perawatan diri mereka sendiri berkurang,” katanya. “Staf atau anggota keluarga mungkin tidak tahu bahwa ibu harus disikat giginya jika dia tidak melakukannya lagi.”

Semakin tua juga membuat kita lebih cenderung memiliki mulut kering, yang dapat berkontribusi pada bau mulut. Produksi air liur yang menurun memungkinkan partikel makanan, puing, dan bakteri berlama-lama di sekitar gigi dan gusi dan menghasilkan bau yang nyata. Mulut kering bisa disebabkan oleh dehidrasi, dan rasa haus cenderung berkurang seiring waktu.

Tapi mulut kering juga bisa menjadi hasil dari mengambil obat-obatan tertentu. Ketika kita menua dan mengembangkan lebih banyak masalah kesehatan, kita lebih mungkin mengambil lebih dari satu obat yang mengeringkan mulut. “Jika Anda menambahkan obat kedua, ketiga, atau bahkan keempat, Anda lebih mungkin untuk merasakan kekeringan dan benar-benar memiliki beberapa perubahan dalam fungsi kelenjar ludah,” tambahnya.

Akhirnya, jika Anda memakai gigi palsu atau peralatan gigi lainnya , mereka mungkin hanya perlu dibersihkan lebih keras atau lebih teratur. Ketika mereka tidak digosok cukup, mereka dapat mengumpulkan makanan dan plak yang menyebabkan bau nafas.

Sementara mengatasi masalah ini tidak selalu sederhana – terutama jika kondisi kronis seperti Alzheimer atau arthritis terlibat – ada langkah-langkah mudah yang dapat Anda ambil pada usia berapa pun untuk meningkatkan kebersihan mulut, Dr. Jones mengatakan. Standar emasnya? “Menyikat gigi selama dua menit, dua kali sehari, dan membersihkan di antara gigi dengan hati-hati sekali sehari,” baik dengan benang atau mereka mengambil nyaman sekarang tersedia, katanya. Jika orang tua yang menua atau orang tua yang lebih tua dalam hidup Anda tidak dapat melakukan kebiasaan sehat ini sendirian, carilah seseorang yang dapat membantu.

Perlu diingat bahwa jika Anda sudah membersihkan gigi dengan hati-hati dan Anda mendapatkan pembersihan profesional secara teratur namun napas Anda masih beracun, sekarang saatnya untuk berbicara dengan dokter, kata Dr. Jones. Berbagai kondisi lain — seperti masalah perut atau infeksi sinus — juga bisa menyebabkan bau napas dan mungkin perlu ditangani sebelum udara bersih.

Source : sehat natural

Mengapa Saat Usia Tua Bau Mulut Mulai Menjadi Lebih Bau? | sinyo | 4.5